Sabtu, 22 September 2012

PERAN PEMUDA DALAM PROSES DEMOKRASI

Dalam moment yang amat penting dalam perjalanan demokrasi bangsa indonesia ada sebuah nilai yang menjadi harapan semua fihak adanya sebuah kemajuan dari tahun-tahun mulai berjalanya ruh demokrasi di bumi pertiwi indonesia, yaitu kesadaran masyarakat akan arti demokrasi dan memaknai kesadaran politik. Tahun 2008-2009 sebagai tahun politik dari bangsa indonesia merupakan pesta terbesar bangsa dalam demokrasi. Karena di tahun 2008 selain banyak terdapat pemilihan kepala daerah maupun gubernur di tahun 2009 ada pemilihan presiden. Di tahun-tahun inilah bangsa indonesia akan menentukan masadepan bangsa memilih wakil mereka yang akan duduk dilembaga legislatif maupun eksekutif. Apakah bangsa ini akan memilih wakil dan pemimpin mereka secara benar atau memilih wakil dan pemimpin bak memilih kucing dalam karung.
Disini kesadaran masyarakat akan di uji dalam menentukan masa depan bangsa. Adahal krusial yang menjadi pertanyaan. Apakah masyarakat (rakyat) sudah faham dengan pilihan politik dan sadar akan arti demorasi di negara ini?. Jika rakyat sadar akan pilihan politik mereka pastikah sudah benar-benar yakin dengan partai atau wakilnya akan bisa membawa perubahan bagi bangsa ini dan mengantarkan mereka pada keadaan yang lebih baik dari multi sektor. Dan sadar akan demokrasi di negara ini yang tridak hanya di maknai dengan money politik dan juga iklan di media dengan janji-janji yang cukup menggiurkan. Akankah pengalaman-pengalaman politik masa lampau bisa mengatarkan rakyat ini pada pemahaman yang benar akan demokrasi dan mengantarkan semakin matangnya rakyat dalam pilihan politik. Harapan yang besar dari seluruh bangsa indonesia terletak di momen politik 2008-2009.
Perlunya sebuah gerakan untuk mendidik kesadaran politik bagi masyarakat merupakan hal yang mendesak untuk segera dilakukan mengingat semakin panasnya perhelatan politik bangsa ini. Sehingga rakyat yang masih bodoh ini tidak semakin terbodohi oleh politisi-politisi busuk yang hanya mementingkan kepentingan pribadi tanpa menengok kebawah keadaan rakyat yang semakin memprihatinkan. Jangan samapi masadepan bangsa ini tergadaikan hanya dengan omong kosong, recehan rupiah dan bantuan sembako. Ataupun bingkisan alakadarnya yang tidak ada garansi sama sekali untuk kepentingan rakyat dalam jangka panjang yang memperpanjang penderitaan bangsa yang miskin ditengah ladang emas, minyak serta sumber alam lainya.
Sehingga perlunya i’tikad baik semua fihak baik tanpa terkecuali mendewasakan bangsa ini dan benar-benar berniat memperbaiki keadaan bangsa yang amat butuh keseriusan dalam mewujudkan kesejahteraan bagi bangsa Indonesi dengan jalan ”kerakyatan yang di pimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
Hal tersebut sebagai landasan pemikiran untuk “membincang Peran”generasi muda penerus bangsa dalam berkontribusi terhadap bangsa dalam mengawal demokrasi serta garda depan penyampai aspirasi rakyat.

1 komentar:

  1. saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m

    BalasHapus